Friday 30 April 2010

cara membuat RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan RPP inilah seorang guru diharapkan bisa menerapkan pembelajaran secara terprogram. Melelui RPP seorang guru dapat diketahui kadar kemampuan dalam menjalankan profesinya.
Secara teknis rencana pembelajaran minimal mencakup komponen-komponen berikut ini:
1. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Hasil Belajar.
2. Tujuan pembelajaran
3. Materi pembelajaran
4. Pendekatan dan metode pembelajaran
5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
6. Alat dan sumber belajar
7. Evaluasi pembelajaran
Langkah harus dilakukan dalam penyusunan RPP adalah:
1. Ambillah satu unit pembelajaran (dalam silabus) yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
2. Tulis standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam unit tersebut.
3. Tentukan indicator untuk mencapai kompetensi dasar tersebut.
4. Tentukan alokasi waktu yang diperlukan untuk mencapai indicator tersebut.
5. Rumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut.
6. Tentukan materi pembelajaran yang akan diberikan/dikenakan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
7. Pilihlah metode pembelajaran yang dapat mendukung sifat meteri dan tujuan pembelajaran.
8. Susunlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada setiap satuan rumusan tujuan pembelajaran, yang bisa dikelompokkan menjadi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
9. Jika alokasi waktu untuk mencapai satu kompetensi dasar lebih dari 2 jampelajaran, bagilah langkah-langkah pembelajaran lebih dari satu pertemuan. Pembagian setiap pertemuan bisa didasarkan pada satuan tujuan pembelajaran atau sifat/tipe, jenis materi pembelajaran.
10. Sebutkan sumber/media belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran secara konkret dan untuk setiap bagian/ unit pertemuan.
11. Tentukan teknik penilaian, bentuk, dan contoh instrument penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Jika instrument penilaian berbentuk tugas, rumuskan tugas tersebut secara jelas dan bagaimana rambu-rambu penilaiannya. Jika instrument berbentuk soal, cantumkan soal-soal tersebut dan tentukan rambu-rambu penilaiannya dan atau kunci jawabannya. Jika penilaiannya berbentuk proses, susunlah rubriknya dan indicator masing-masingnya.
Format RPP
Ada beberapa alternative format RPP yang bisa dikembangkan. Format yang dipilih guru sangat bergantung pada sifat materi pembelajaran dan selera /kehendak kurikulum yang sedang berlaku. Yang penting adalah ketika memutuskan penggunaan format tertentu harus dilakukan secara sadar dan rasional.
Berikut ini adalah tiga jenis format RPP yang biasa digunakan oleh guru.










A. Format 1.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pembelajaran :……………………………..
Mata Pelajaran :……………………………..
Kelas/Semester :……………………………..
Standar Kompetensi :……………………………..
Kompetensi Dasar :……………………………..
Indikator :……………………………..
Alokasi Waktu :…x… menit (….pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
…………………………………………………………………………………….
B. Materi Pembelajaran
…………………………………………………………………………………….
C. Metode pembelajaran
…………………………………………………………………………………….
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal: (dilengkapi dengan alokasi waktu)
…………………………………………………………………………………….
Kegiatan Inti : (dilengkapi dengan alokasi waktu)
…………………………………………………………………………………….
Kegiatan Penutup : (dilengkapi dengan alokasi waktu)
…………………………………………………………………………………….
Pertemuan 2
…………………………………………………………………………………….
Dan seterusnya.
E. Sumber Belajar (disebutkan secara konkrit)
…………………………………………………………………………………….
F. Penilaian
Teknik
……………………………………………………………………………………
Bentuk Instrumen
……………………………………………………………………………………
Contoh Instrumen (soal/tugas)
(Ditambah kunci jawaban atau pedoman penilaian)
……………………………………………………………………………………

…………….., …………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



………………….. ……………………..



B. Format 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran :……………………………..
Satuan Pendidikan :……………………………..
Kelas/Semester :……………………………..
Materi Pembelajaran pokok :……………………………..
Sub-Materi Pembelajaran :……………………………..
Alokasi Waktu :……………………………..
A. Kompetensi Dasar
…………………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………
B. Indicator pencapaian hasil belajar
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
C. Materi pembelajaran
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
D. Sumber belajar
……………………………………………………………………………………
E. Pelaksanaan pembelajaran
1. Kegiatan
a. Pendahuluan
……………………………………………………………………………
Dan seterusnya.
b. Kegiatan inti
……………………………………………………………………………
Dan seterusnya.
c. Penutup
……………………………………………………………………………
Dan seterusnya.
2. Uraian
No. Pertemuan ke. Indicator Pencapaian Hasil Belajar Materi Pembelajaran Metode Dipakai Sarana/Sumber Belajar

F. Penilaian
1. ………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………
Dan seterusnya.

…………, ………….
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran



………………… ………………………
C. Format 3
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :……………………………..
Satuan Pendidikan :……………………………..
Kelas/Semester :……………………………..

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indicator Pencapaian Hasil Belajar

Silabus
Mata Pelajaran :……………………………..
Satuan Pendidikan :……………………………..
Kelas/Semester :……………………………..
Alokasi Waktu :……………………………..
Kompetensi Dasar :……………………………..
Hasil Balajar :……………………………..
Indicator pencapaian hasil :……………………………..
Belajar
Langkah pembelajaran
A. Pendahuluan
1. ………………………………………………………………. Dan seterusnya
B. Kegiatan inti
1. ………………………………………………………………. Dan seterusnya
C. Penutup
1. ………………………………………………………………. Dan seterusnya
2. ………………………………………………………………. Dan seterusnya
Sarana dan sumber belajar
A. Sarana
………………………………………………………………….. Dan seterusnya
B. Sumber belajar
………………………………………………………………….. Dan seterusnya
Penilaian
A. Tes
1. ……………………………………………………………… Dan seterusnya
B. Penugasan/proyek
1. ……………………………………………………………… Dan seterusnya

…………, …………..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



…………………. ……………………


Contoh RPP
1. RPP mata pelajaran bahasa Indonesia SMP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 12. Menggunakan informasi dalam bentuk rangkuman,teks berita,slogan/poster.
Kompetensi Dasar : 12.2 Menulis teks berita secara singkat,padat dan jelas.
Indicator : 1. Mampu menyusun data pokok berita.
2. Mampu merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas.
3. Mampu menyunting berita.
Alokasi Waktu : 4x40 menit (2 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis teks berita dengan singkat,padat dan jelas.
2. Materi pembelajaran
Penulisan teks berita
a. Teks berita.
b. Unsure-unsur berita.
c. Cara penulisan teks berita.
d. Praktik penulisan teks berita.
3. Metode pembelajaran
a. Pemodelan.
b. Tanya jawab.
c. Inkuiri
d. Demonstrasi.
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan awal
1) Siswa diajak melihat Koran yang diperlihatkan atau dibawa guru.
2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang berita dan kebermaknaan menulis berita.
3) Siswa berkelompok.
b. Kegiatan inti
1) Siswa menerima potongan wacana berita.
2) Secara berkelompok siswa memasangkan potongan berita sesuai dengan isi.
3) Siswa diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan cirri-ciri isi berita dan urutan penyajian.
4) Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi gambar yang berisi peristiwa yang menarik.
5) Siswa menulis data gambar berdasarkan hasil identifikasi.
6) Secara berkelompok siswa menyusun pokok-pokok berita dengan memperhatikan unsure 5W+1H berdasarkan hasil identifikasi gambar.
7) Siswa dan guru menyusun rubric penilaian.
8) Secara berkelompok siswa dipandu guru menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas.
c. Kegiatan akhir
1. Siswa dan guru melakukan refleksi.
2. Siswa mwndapatkan tugas untuk mendata hal-hal yang terdapat di lingkungan sekolah yang dapat diangkat sebagai berita dan menuliskan pokok-pokok beritanya dengan memperhatikan 5W+1H.
Pertemuan kedua
a. Kegiatan awal
1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang tugas rumah penulisan teks berita.
b. Kegiatan inti
1) Siswa mendiskusikan hasil tugas rumahnya dengan bimbingan guru.
2) Siswa mengembangkan pokok-pokok berita menjadi sebuah teks berita dengan memperhatikan 5W+1H.
3) Secara berkelompok, siswa menilai hasil kerja temannya dengan rubric yang sudah disepakati kemudian menyuntingnya.
4) Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan hasil suntingan teman.
5) Siswa dan guru memilih tiga tulisan yang terbaik.
6) Siswa memajang berita terbaik dari masing-masing kelompok di papan pajang kelas.
7) Tulisan terbaik diberi penghargaan.
c. Kegiatan akhir
1) Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber belajar
a. Koran.
b. Buku Pelajaran Bahasa
6. Penilaian
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk instrument : Tugas proyek
c. Soal/Instrumen :
1) Tuislah data pokok berita yang kamu peroleh dari lingkungan sekolahmu!
Pedoman Perskoran
kegiatan Skor
1. Siswa menuliskan data pokok berita yang diperoleh dari lingkungan sekolah: 5W+1H atau ADIK SIMBA
a. Apa
b. Di mana
c. Kapan
d. Siapa
e. Mengapa
f. Bagaimana
• Siswa tidak menulis apa-apa

1
1
1
1
1
1
0

2) Kembangkan data pokok berita menjadi sebuah teks berita!
Rubric penilaian teks berita
No. Aspek Deskriptor Skor Skor Maksimal
1. Kelengkapan isi • Isi berita lengkap (terdapat 5W+1H).
• Isi berita mendekati lengkap (ada 4 atau lebih unsur)
• Isi berita tidak lengkap (kurang dari 4 unsur berita).
2

1

0
2
2. Kesesuaian isi • Semua tulisan sesuai dengan data
• Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan.
• Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan.
• Semua data tidak sesuai dengan tulisan.
3

2

1

0
3


3. sistematika • Urut-urutan sesuai.
• Urt-urtan tidak sesuai. 1
0 2
4. Penggunaan ejaan dan tanda baca. • Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
• Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
• Sebagian besar penulisan ejaan dan tanda baca salah.
• Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua.

3


2

1

0

3
Jumlah skor maksimum 10

3) Suntinglah tulisanmu berdasarkan hasil penilaian temanmu,guru, dan berdasarkan pendapatmu!
No. Aspek Deskriptor Jumlah yang dibetulkan Skor
1. Ejaan Pembetulan ejaan Semua kesalahan dibetulkan/tidak ada kesalahan.
Sebagian kasalahan dibetulkan.
Kesalahan tidak dibetulkan.
2
1
0
2. Pilihan kata Pembetulan pilihan kata Semua kesalahan dibetulkan/tidak ada kesalahan.
Sebagian kasalahan dibetulkan.
Kesalahan tidak dibetulkan.
2
1
0
3. Kalimat Pembetulan kalimat Semua kesalahan dibetulkan/tidak ada kesalahan.
Sebagian kasalahan dibetulkan.
Kesalahan tidak dibetulkan
2
1
0

Skor maksimal:
No.1) : 5
No.2) : 10
No.3) : 6
Jumlah : 21
Penghitungan nilai akhir dalam sekala 0-100 adalah sebagai berikut
Perolehan skor
Nilai akhir = x skor ideal (100) = …………
Skor Maksimal (21)
……………, …………..
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran

………………… ………………………..
NIP. NIP.

No comments:

Post a Comment